Kelas Tirto: Bercerita Melalui Data dan Visual

Hai Saudara Ngontel.com yang budiman, kali admin Akan Mengulas Sebuah Artikel yang bertemakan Kelas Tirto: Bercerita Melalui Data dan Visual, Mungkin Sahabat Lagi Mencari Konten Kelas Tirto: Bercerita Melalui Data dan Visual, Tak Perlu Berlama Lama Langsung Aja kita Ke Topik Pembahasan Tentang Konten, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Kelas Tirto: Bercerita Melalui Data dan Visual

Bandung – Korps Protokoler Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi bagian kepanitiaan pada kegiatan kelas Tirto.id yang yang dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2024, pukul 08.00 s.d. 12.30 WIB, bertempat di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi, Ketua Prodi Jurnalistik, Ketua Prodi Humas, Pimpinan Tirto, serta Mahasiswa Jurusan Ilmu komunikasi.

“Kami sudah melakukan acara ini di tiga kota yaitu Yogya, Malang, dan Setiabudi UPI. Hari ini di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan hari ini merupakan hari yang paling meriah karena peserta antusias dan disambut hangat serta dibantu oleh Korps Protokoler Mahasiswa Jurusan Ilkom.”, ungkap pimpinan Tirto (22/05/2024).

Acara ini juga disambut dan dibuka oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof. Dr. H. Enjang AS, M.Si., M.Ag. “Mudahan mudahan apa yang kita lakukan pada kegiatan kali ini dapat menjadi peluang kesuksesan bagi kita. Langkah berani dari Tirto.id melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi ini merupakan hal yang baik dengan SDM yang bisa diajak kerjasama untuk menjemput kesuksesan.

“Sukses adalah milik orang yang berikhtiar. Untuk menjemput ridho Allah swt, mari kita buka acara Tirto id dengan ucapan basmalah dan acara Tirto.id dengan tema bercerita melalui data dan visual, dibuka,” sambutnya (22/05/2024)

Materi pertama membahas tentang Data Jurnalism yang disampaikan oleh Alfons Yoshio sebagai tim riset Tirto.id dengan menunjukkan artikel tentang kejadian agama Islam di China. Kemudian menjelaskan juga berdiskusi tentang apa itu data dan visualisasi data.

Dalam penyampaiannya, disebutkan jurnalisme berbasis data itu meliputi data sebagai cerita
utama, data mendukung cerita, dan sebagai investigasi berbasis data. Dengan adanya data juga dapat mencegah terjadinya misinformasi.

Dijelaskan pula oleh Alfons Yashio bahwa data merupakan fakta statistik yang dikumpulkan untuk referensi dan analisis. Mencari data juga dapat dengan mudah di akses di google yang paling sederhananya

Materi kedua disampaikan oleh Erenn Pratama selaku Art Director Tirto.id tentang Visualisasi data Menarik untuk Jurnalistik.

“Di sosial media kita punya behavior yang menarik. Di ig tirto sendiri ada produk yang namanya ‘cukuptau’ yang berkolaborasi dari tim designer dan tim riset,” ujarnya.

Dalam penyampaian materi kedua tersebut, Erenn selaku pemateri mengadakan challenge kepada audience untuk mengilutrasikan dari data yang telah ditampilkan yang kiranya visualisasi data tersebut dapat menarik perhatian pembaca. Kemudian tim dari Tirto.id menentukan ide siapa yang paling menarik, ialah yang akan mendapatkan hadiah.

Penulis: Encep Dulwahab

Demikianlah Sobat Ngontel.com Sedikit Penjelasan Tentang Kelas Tirto: Bercerita Melalui Data dan Visual, Semoga artikel Kelas Tirto: Bercerita Melalui Data dan Visual dapat membantu kamu, dan jangan lupa bagikan di sosialmedia kesayanganmu, agar semakin banyak paham yang tentang artikel Kelas Tirto: Bercerita Melalui Data dan Visual yang kami tulis.

Populer

Terkini