6 Tingkatan Groupset Road Bike Atau Sepeda Balap Shimano

Hai Saudara Ngontel.com yang Baik, kali admin Akan Membahas Sebuah Artikel yang bertemakan 6 Tingkatan Groupset Road Bike Atau Sepeda Balap Shimano, Mungkin Anda Sedang Mencari Konten 6 Tingkatan Groupset Road Bike Atau Sepeda Balap Shimano, Tak Perlu Berlama Lama Langsung Aja kita Ke Topik Pembahasan Tentang Artikel, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

6 Tingkatan Groupset Road Bike Atau Sepeda Balap Shimano

Shimano merupakan salah satu produsen groupset road bike sepeda yang produknya banyak digunakan di dunia persepedaan. Mulai dari sepeda entry level hingga sepeda yang digunakan oleh para atlet profesional. Banyak yang menggunakan produk dari pabrik asal Jepang ini. Bersama SRAM dan Campagnolo, Shimano merajai pasar sepeda di dunia.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai groupset untuk sepeda balap/Road bike. Seperti halnya groupset MTB Shimano, Groupset Shimano untuk roadbike juga memiliki tingkatan-tingkatan sesuai dengan kualitas dan peruntukannya. Berikut ini urutan Tingkatan Groupset Road Bike Shimano

Groupset Road Bike Shimano

Shimano Claris

Pada tingkatan yang pertama, Shimano mengeluarkan seri Claris. Seri ini dikeluarkan oleh Shimano untuk menyasar pangsa pasar entry level. Oleh karena itu, harga groupset Shimano ini juga dibandrol cukup terjangkau.

Groupset road bike Shimano Claris ini dibekali dengan 8 opsi kecepatan pada rear deraileuer. Sedangkan untuk Chainring pada Crank, ada 2 versi yaitu versi double chainring dan juga triple chainning. Sehingga jumlah kombinasi gigi yang dapat dilakukan adalah 2×8 Speed (Versi double chainring) dan juga 3×8 Speed untuk triple chainrings.

Shimano Sora

Tingkatan berikutnya pada lini groupset road bike Shimano adalah Shimano Sora. Beberapa tahun yang lalu, seri ini merupakan seri terbawah dari groupset sepeda balap buatan Shimano. Namun, dengan diluncurkannya Shimano Claris, saat ini Sora menjadi nomor 2.

Seperti halnya Shimano Claris, Sora juga masih diperuntukkan bagi sepeda entry level. Namun yang membedakan dari Claris adlah, Sora sudah menggunakan 9 Speed pada gigi belakang. Oleh karena itu, pengendara dapat lebih leluasa memilih kombinasi gear yang sesuai. Jumlah gear yang tersedia adalah 9×2 dan 3×9 Speed.

Shimano Tiagra

Berikutnya ada groupset Shimano Tiagra. Groupset sepeda balap ini diperuntukan bagi pesepeda pemula yang sudah menjurus ke arah serius. Desain groupset Tiagra ini sendiri sudah mengadopsi teknologi yang digunakan oleh seri Dura Ace. Yang merupakan top level groupset road bike Shimano.

Groupset Shimano Tiagra sudah dibekali dengan 10 percepatan pada gear belakangnya. Sehingga kombinasi gear yang tersedia adalah 2×10 speed dan 3×10 speed. Selain itu, pada seri Tiagra ini sudah tersedia opsi disc brake hidrolis.

Shimano Ultegra

Ingin bersepeda lebih serius namun budget terbatas? Jika iya, Shimano Ultegra merupakan salah satu pilihan yang tepat. Yak, seri Ultegra ini merupakan seri yang diperuntukkan untuk pesepeda jalan raya serius hingga profesional / atlit. Seri ini tentunya sudah mengadopsi teknologi yang dipergunakan oleh Dura Ace. Yang mungkin membedakan adalah bahan dan bobot groupset saja. Tidak heran jika pembalap sepeda profesional banyak yang menggunakan seri ini pada sepeda mereka. Selain karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan Dura Ace, performanya sudah mantab.

Perpindahan gigi presisi dan daya tahan yang baik menjadi salah satu pertimbangan dipilihnya groupset ini. Selain itu, seri groupset Shimano Ultegra ada 2 versi. Versi yang pertama adalah versi mekanik yang diberi kode R8000 (saat tulisan ini dibuat). Tipe ini merupakan tipe konvensional dimana perpindahan gigi terjadi karena RD ditarik oleh shifter dengan perantara kawat / kabel. Sedangkan versi yang kedua adalah versi elektrik atau yang dikenal dengan Di2. Pada seri yang dilabeli oleh Shimano dengan kode R8050 ini, perpindahan gigi dilakukan secara elektronik.

Shimano 105

Seri Shimano 105 ini diperuntukkan untuk pesepeda yang serius walaupun bukan untuk kompetisi. Dapat dikatakan bahwa seri 105 ini merupakan jembatan ke seri di atasnya yaitu Ultegra. Ada juga yang menganggap bahwa seri 105 ini adalah versi murahnya Ultegra. Ya, karena sepintas memang groupset 105 dan juga Ultegra cukup mirip.

Selain tampilan, speknya juga mirip dengan Ultegra. 105 sudah dibekali dengan gear belakang yang berjumlah 11. Hal ini memungkinkan kombinasi gear yang dapat dipergunakan adalah 2×11 speed dan juga 3×11 speed. Tidak heran jika banyak pesepeda yang mengkombinasikan groupset Ultegra dengan 105 ini. Hal ini tentunya untuk menghemat budget tanpa harus mengorbankan performa.

Shimano Dura Ace

Nah, inilah kasta tertinggi groupset road bike Shimano. Groupset ini menggunakan teknologi tertinggi dari Shimano. Seri Dura Ace dirancang untuk mengoptimalkan potensi dari pesepeda menjadi kecepatan. Jadi bisa dikatakan Dura Ace menekan seminimal mungkin tenaga yang hilang saat mengkonversi kayuhan menjadi kecepatan. Groupset Shimano Dura Ace banyak digunakan oleh pembalap sepeda profesional. Mulai dari pembalap nasional kita hingga pembalap internasional. Sebagai kasta tertinggi groupset sepeda balap Shimano, Dura Ace memiliki keunggulan yang tidak dimiliki kasta dibawahnya.

Keunggulan ini mulai dari bobot yang ringan, perpindahan gigi yang presisi, serta daya tahan yang sangat baik. Seperti halnya Ultegra, Dura Ace juga memiliki 2 versi groupset. Versi tersebut yaitu versi mekanik dan juga versi elektrik / Di2. Itulah sekilas mengenai seri groupset road bike Shimano yang saat ini beredar di dunia persepedaaan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung.

Demikianlah Sobat Ngontel.com Sedikit Penjelasan Tentang 6 Tingkatan Groupset Road Bike Atau Sepeda Balap Shimano, Semoga artikel 6 Tingkatan Groupset Road Bike Atau Sepeda Balap Shimano dapat membantu kamu, dan jangan lupa bagikan di sosialmedia kesayanganmu, agar semakin banyak paham yang tentang artikel 6 Tingkatan Groupset Road Bike Atau Sepeda Balap Shimano yang kami tulis.

Populer

Terkini